Perencanaan Bisnis

1.    Apa yang dimaksud dengan perencanaan bisnis?
Perencanaan bisnis adalah dokumen yang menyatakan daya tarik dan
harapan sebuah bisnis. Sebuah bisnis plan yang akan  mengoperasikan sebuah
usaha harus mencantumkan secara jelas lokasi, proses, masalah bahan baku,
masalah tempat, tanah dan lainnya.
Perencanaan bisnis adalah suatu cetak biru tertulis (  blue print  ) yang
berisikan tentang misi usaha, usulan usaha, operasional usaha, rincian  financial,
strategi usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan kemampuan serta
keterampilan pengelolaannya.

2.    Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip dalam perencanaan bisnis!
Adapun prinsip-prinsip perencanaan usaha adalah :
a.    Perencanaan usaha harus dapat diterima oleh semua pihak
b.    Perencanaan usaha harus fleksibel dan relistis
c.    Perencanaan usaha harus mencakup seluruh aspek kegiatan usaha
d.    Perencanaan usaha harus merumuskan cara cara kerja usaha yang efektif dan efesien.

3.    Apa saja komponen-komponen dalam perencanaan bisnis?
a.    Riwayat Singkat Usaha
Riwayat singkat atau executive summary akan menjadi sebuah perhatian orang untuk di baca. Saat orang lain mengenal perusahaan anda, pastikan membaca executive summary dengan singkat dan benar. Mungkin akan melibatkan beberapa dokumen penting yang mencakup penampilan data dengan tujuan publik memang harus tahu. Dua alasan yang harus ada dalam penjelasan executive summary ini yaitu (jawab pertanyaan tersebut):
•    Mengapa Perusahaan tertarik dengan usaha yang digeluti saat ini atau sedang berjalan.
•    Bagaimana cara perusahaan atau kita membangun usaha tersebut dari nol sehingga implementasi dari keinginan yang ingin dicapai berhasil.
b.    Latar Belakang Perusahaan
Dalam perencanaan bisnis setidaknya harus dijabarkan secara rinci, dimana beberapa hal yang minimal harus ada dalam sebuah latar belakang perusahaan yaitu;
•    Sekilas Usaha atau sejarah berdirinya perusahaan, disini menggungkap bagaimana perusahaan menjelaskan sedikit tentang apa saja dan kapan perusahaan itu berdiri.
•    Pihak-pihak yang Terlibat Dalam Usaha, dalam hal ini adalah siapa rekanan, tokoh, dan pendampin yang terlibat dalam bisnis anda.
•    Kondisi Keuangan perusahaan, harus tergambar walaupun bukan hasil neraca keuangan sebenarnya. Intinya menunjukkan bahwa kondisi keuangan perusahaan sehat.
•    Rencana Pengembangan, perlu dimasukkan dengan tujuan untuk menjelaskan arahan pengembangan usaha ini pada akhirnya berujung dimana, apakah direncanan menjadi sebuah perusahaan multinasional atau hanya perusahaan dengan tingkat pasar lokal saja.
c.    Produk-produk dan Jasa dari Perusahaan
Produk dan jasa apa saja yang peruhaan akan jual. Disini diperlukan bagaimana analisis sebuah produk dan apakah perusahaan sanggup menjualnnya. Tidak hanya itu dibutuhkan pula gambaran detail dari produk yang akan dijual.
d.    Kondisi Pasar Produk dan Strategi Pemasaran
Disini hal harus ada adalah analisis kondisi pasar, mengenai besarnya permintaan terhadap barang atau jasa yang dibuat oleh perusahaan. Hanya ada dua pilihan menciptakan pasar (driving market) atau mengikuti pasar (market driven), sehingga dapat mengetahui kondisi pasar dan bisnis yang sedang dijalankan.
e.    Rencana Pemasaran
Rencana Pemasaran pada dasarnya membidik target market yang sesuai agar sasarannya tepat efektif dan efisien. BEberapa komponen yang harus diperhatikan, diantaranya;
?    Analisis Pasar
    •    Target Pasar
    •    Persaingan
    •    Lingkungan
?    Analisis Produk
   •    Produk Utama
   •    Perbandingan
   •    Beberapa Pertimbangan
?    Strategi Pe5masaran dan Bauran Pemasaran Produk
   •    Image Produk
   •    Penampila
   •     Harga
   •    Layanan Untuk Pelanggan
   •    Promosi
   •    Tahap Pemasaran
         o    Positionin
         o     Strategi Penjualan
   •    Kondisi Persaingan
   •    Kondisi Harga
   •    Kondisi Promosi dan Iklan
   •    Kondisi dan Strategi Manajemen
   •    Kondisi dan Strategi Keuangan

4.    Menurut Anda, aspek penting apa yang perlu diperhatikan dalam perencanaan bisnis tersebut!
Dalam memulai usaha tentunya kita harus memperhatikan beberapa hal yang dapat kita jadikan sebagai gambaran untuk menentukan bisnis nantinya.
a.    Membuat cadangan kas yang ideal
Membuat cadangan kas yang baik selalu membantu untuk menentukan pilihan usaha apa yang akan dipilih. Membuat cadangan kas dapat memastikan berapa modal yang akan digunakan dalam usaha yang akan dibuat. Misalnya kita dapat membuat cadangan kas yang baik dan mempunyai cadangan yang banyak, maka kita dapat menentukan seberapa besar usaha yang kita buat, bagaimana perencanaan biaya dari biaya bisnis kita. Semakin ideal cadangan kas Anda, semakin baik usaha Anda. Bagaimana untuk mendapatkan cadangan kas ini? Anda dapat menabung, melakukan investasi kecil, atau bunga deposit Anda. Menabung dapat anda lakukan dengan menyisihkan sebagian pendapatan yang didapat setiap bulannya. Selain itu dapat Anda lakukan dengan melakukan investasi kecil-kecilan, misalnya anda mempunyai sebagian uang untuk melakukan investasi pada usaha-usaha yang mulai berkembang, maka Anda akan mendapatkan penghasilan setiap bulannya dari usaha yang telah anda tanamkan investasi.
b.    Ketahui pengeluaran anda
Anda akan membutuhkan modal yang cukup besar untuk memulainya, jadi jangan habiskan uang Anda untuk membeli barang-barang fashion saja. Lalukanlah pengelolaan pengeluaran, misalnya untuk hal-hal yang penting saja. Tetapi jangan lupa untuk menambah pengeluaran tak terduga pada pengelolaan pengeluaran anda. Pengelolaan pengeluaran akan sangat baik untuk memperkirakan apa yang anda dapat dan apa yang anda keluarkan.  Mulailah dari sekarang untuk mengontrol keuangan Anda, simpanlah  misalnya 30% dari pendapatan kotor Anda sebelum Anda habiskan. Jika dirasa sudah cukup untuk membuka usaha anda maka anda dapat langsung menggunakan dana yang telah anda simpan. Begitu anda telah membuka usaha, anda tidak serta merta menghentikan pengelolaan pendapatan anda, anda masih bisa melakukan pengelolaan pengeluaran dan penyimpanan pendapatan anda, untuk hal-hal lain yang mungkin anda perlukan untuk usaha anda.
c.    Mengetahui resiko financial
Ketahuilah berapa kira-kira Anda akan mengalami kerugian bila usaha Anda tidak berhasil. Pengetahuan ini akan mebantu Anda menentukan langkah apa yang akan Anda ambil selanjutnya. Pengetahuan mengenai resiko ini sangat penting karena dengan pengetahuan inilah kita dapat menentukan perencanaan lebih lanjut mengenai langkah apa yang akan diambil untuk usaha anda. Perencanaan seperti ini akan sangat penting untuk menyelamatkan usaha anda. Hal-hal apa saja yang harus dilakukan jika terjadi kendala dan inovasi apa yang harus kita lakukan untuk terus melanjutkan usaha jika kita mengalami kerugian.
d.    Gunakan kredit sebaik mungkin
Banyak orang takut menggunakan hutang. Hutang sangat membantu Anda,tapi jangan gunakan untuk hal-hal lain selain usaha Anda. Sebenarnya bukan hal yang baik jika kita harus menggunakan kredit untuk untuk usaha, namun jika memang tidak ada jalan lain maka tidak ada salahnya kita menggunakan kredit sebagai  tambahan modal usaha kita. Namun kita harus melakukan pengelolaan hutang yang bagus begitu usaha berjalan, pengelolaan pendapatan dan pembayaran hutang yang baik akan membuat hutang akan segera terlunasi.
Untuk penggunaan kredit mungkin dijadikan sebagai alternativ terakhir apabila kita benar-benar tidak memiliki modal usaha dan yakin suatu saat nanti bisa menutup semua kredit yang kita gunakan.
e.     Pisahkan uang anda dengan uang usaha
Kebanyakan orang masih menggabungkan sistem keuangan pribadi dan usaha. Sebetulnya ini adalah langkah yang kurang baik, Anda tidak dapat mengetahui secara pasti bagaimana kondisi keuangan usaha Anda. Anda juga akan mengalami kesulitan dalam pembukuan usaha anda. Pembukuan merupakan hal yang penting dalam usaha, jika anda masih mencampurnya dengan uang pribadi anda, anda akan kesulitan untuk menghitung keuangan usaha seperti untung ataupun rugi serta  untuk memperhitungkan bagaimana perkembangan usaha.
f.    Siapkan diri anda untuk bekerja keras dan pantang menyerah
Tahap yang terakhir dan terberat adalah tahap dimana Anda memulai usaha tersebut. Anda dituntut untuk total dalam menjalankannya. Jalankan usaha Anda seperti Anda melakukan hobi Anda, dan anggaplah hobi Anda akan mendatangkan uang, sehingga akan sangat menyenangkan. Melakukan pekerjaan dengan menyenangkan dan kita mencintainya maka pekerjaan tersebut akan terasa ringan.

5.    Terkait dengan tugas akhir dari mata kuliah ini, silahkan anda menyampaikan ide usaha yang akan dilaksanakan beserta dengan alasannya (minimal 1 halaman)
Museum Virtual

- Ide
Membuat sebuah museum virtual yang berisi katalog hewan-hewan purbakala dengan augmented reality.
- Konsep
Membuat sebuah museum dengan memanfaatkan teknologi trend masa kini. saat ini teknologi yang sedang marak dibicarakan salah satunya yaitu teknologi Augmented Reality, adalah konsep pelapisan konten visual (i.e. grafik) di atas pemandangan dunia nyata seperti yang terlihat melalui sebuah kamera. Augmented Reality mentransformasi perangkat mobile Anda ke dalam sesuatu yang digambarkan sebagai suatu cermin ajaib dimana Anda dapat berinteraksi dengan dunia nyata. (http://www.qualcomm.co.id/products/augmented-reality) jadi Augmented Reality adalah sebuah teknologi untuk memvisualisasikan benda-benda virtual diatas benda-benda nyata.
Museum ini berisi katalog objek-objek hewan purbakala, dimana kumpulan hewan purbakala tersebut digambarkan dalam bentuk grafik tiga dimensi. Perancangan katalog ini menggunakan software untuk pembuatan grafik objek tiga dimensi, dan selanjutnya menggunakan software lain untuk memasukkan hasil grafik objek tiga dimensi kedalam bentuk visual reality atau projek augmented reality.
Setiap pengunjung bisa melihat serta memahami visualisasi dan informasi yang ada dimuseum dengan mengarahkan magic book (katalog objek-objek hewan purba) ke kamera, sehingga akan muncul grafik tiga dimensi dari objek tersebut.
Dengan konsep wisata modern ini, diharapkan pengunjung/wisatawan akan tertarik untuk menggali lebih dalam informasi tentang hewan purbakala, sekaligus mengerti akan pesatnya perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini.


Daftar Pustaka

Mahardika, frist,.2012.Perencanaan Wirausaha.[Online] Dari : <http://dikaelektro1.blogspot.com/2012/10/perencanaan-wirausaha.html>
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/28943/4/Chapter%20I.pdf
Berbagi ilmu &Pengetahuan,.2012. Perencanaan Bisnis – Cakupan Perencanaan Bisnis.[Online]Dari :
http://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=331140966969755&id=33113622030356
http://www.anneahira.com/karir-perencanaan-bisnis.htm diakses tanggal 6 maret 2013
http://ilerning.com/index.php?option=com_content&view=article&id=346:hal-hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-memulai-usaha&catid=44:dasar-dasar-kewirausahaan&Itemid=69  diakses tanggal 6 maret 2013

0 komentar:

Posting Komentar